Menjalankan dan Menghapus Deployment Menggunakan Helm

Apa itu Helm?

Jika Kubernetes adalah sistem operasi, maka Helm akan menjadi paket manager dari Kubernetes. Ubuntu menggunakan apt, CentOS menggunakan yum, dan Kubernetes menggunakan helm.

Helm menyebarkan aplikasi paket ke Kubernetes dan menyusunnya ke dalam bagan. Bagan berisi semua sumber daya aplikasi yang telah dikonfigurasi sebelumnya bersama dengan semua versi ke dalam satu paket yang mudah dikelola.

Helm menyederhanakan pemasangan, peningkatan, pengambilan dependensi, dan konfigurasi penerapan di Kubernetes dengan perintah CLI sederhana. Paket perangkat lunak ditemukan di repositori atau dibuat.

Kenapa Menggunakan Helm?

Objek Kubernetes menantang untuk dikelola. Dengan alat yang berguna, kurva pembelajaran Kubernetes menjadi lancar dan mudah dikelola. Helm mengotomatiskan pemeliharaan manifes YAML untuk objek Kubernetes dengan mengemas informasi ke dalam bagan dan mengiklankannya ke cluster Kubernetes.

Helm melacak riwayat versi dari setiap pemasangan dan perubahan bagan. Mengembalikan ke versi sebelumnya atau memutakhirkan ke versi yang lebih baru diselesaikan dengan perintah yang dapat dipahami.

Apa itu Helm Chart?

Helm memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk menyebarkan dan menguji lingkungan dengan cara yang paling sederhana. Lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk beralih dari pengembangan ke pengujian hingga produksi.

Selain meningkatkan produktivitas, Helm menghadirkan cara yang nyaman bagi pengembang untuk mengemas dan mengirim aplikasi ke pengguna akhir untuk dipasang

Menginstall Helm

Untuk menginstall bisa terlebih dahulu melakukan download arsip dari versi Helm terbaru. Untuk mendownloadnya bisa mengikuti seperti dibawah ini:

wget https://get.helm.sh/helm-v3.4.1-linux-amd64.tar.gz

Lihat filenya dengan menggunakan perintah ls .

Lalu untuk mengextract arsipnya bisa dengan perintah tar xvf helm-v3.4.1-linux-amd64.tar.gz

Pindahkan file executable helm ke directory /usr/local/bin. Tujuanya yaitu agar file tersebut executable tanpa harus mengetikan sh atau bash di depan perintahnya. Oke untuk memindahkanya bisa dengan perintah sudo mv linux-amd64/helm /usr/local/bin

Cek helm yg sudah di install menggunakan perintah helm version

Menjalankan Pod menggunakan Helm

Untuk menjalankan Pod pada Kubernetes menggunakan Helm sangat simple sekali, sebagai contoh kita akan menjalankan Pod nginx pada Kubernetes menggunakan Helm. Yang akan kita running adalah nginx dari bitnami jadi kita harus menambahkan terlebih dahulu repositorinya dengan perintah seperti dibawah:

helm repo add bitnami https://charts.bitnami.com/bitnami

Lalu lakukan update repository pada Helm dengan perintah helm repo update

Saatnya melakukan deploy pada Pod dengan perintah helm install nginx-bitnami bitnami/nginx

Proses deploy telah berjalan, kita bisa mengecek pod nya dengan perintah kubectl get pod

Menghapus Pod menggunakan Helm

Untuk menghapusnya sendiri sangat mudah, sebagai contoh kita akan menghapus Pod yg kita buat di atas dengan menggunakan perintah seperti dibawah:

helm delete nginx-bitnami

Oke kita telah berhasil menjalankan dan menghapus Pod menggunakan Helm. selanjutnya kita akan membuat Helm chart nya sendiri dan menjalankanya

Write a comment